jump to navigation

Test Ride Honda Supra X 125 Helm In, Membuktikan Iklan TV Oktober 21, 2011

Posted by motoranyar in motor baru.
Tags: ,
trackback

Test riding ke luar kota

Irit, irit dan irit. Kata-kata itu yang selalu dipromosikan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) ketika launching Honda Supra X 125 Helm In. Tentu, selain unggulkan kapasitas bagasinya yang punya volume besar. Yap, 19,5 liter.

Bahkan, klaim AHM terakhir akan pacuan generasi terbaru Supra X 125 ini, tembus di angka  83 km/ liter. Wah, rasanya enggak bisa begitu aja percaya dong. Untuk itu kudu membuktikan sendiri. Dan, tentunya berbagi dengan sobat pembaca semua.

Ini kali, Supra X 125 Helm In diajak berlari keluar kota Jakarta. Maklum, toh dengan kapasitas tangki yang 5,6 liter, tentu buat tempuh rute luar kota jadi enggak mudah mampir SPBU buat isi bensin.

Rute menempuh perjalanan Jakarta-Citarik (Sukabumi)-Jakarta. Dengan postur tester yang mencapai 162 cm/ 62 kg, Supra diajak berkendara normal. Maksudnya enggak ada batasan untuk kecepatan. Misalnya, motor hanya dibejek tidak lebih dari 60 km/jam. Apalagi, pakai pengawalan segala.

Dengan kebebasan bermain throthle gas, Supra bagasi besar ini malah kerap diajak berlari di kecepatan tinggi. Toh, angka 100 km/jam cukup tinggi dong. Selain itu, rute perjalanan juga terkadang dipenuhi kemacetan. Jadi, bisa dikatakan, rute yang dihadapi cukup beragam!

Malah, ketika lewat daerah Cikidang (Sukabumi), rute menawarkan jalan menanjak tajam dan turunan. Belum lagi, jalur kelok yang bervariasi. Bobot motor kosong yang 107 kg itu masih ditambah lagi bobot pengendara dan bawaan di bagasi. Pastinya, total keseluruhan bermain di angka 175 kg lebih

Hasilnya, eit, tunggu dulu! Ketika perjalanan menempuh jarak 126 km sekali jalan alias tidak PP, tangki yang sebelumnya penuh mulai berkurang. Tapi, jarum indikator bensin masih berada di atas setengah, lho.

Tetap saja, untuk keperluan pengetesan, bensin di tangki diisi ulang hingga batas yang sama. Cukup tercengang juga! Sebab, dengan jarak tempuh yang sudah 126 km itu, hanya menghabiskan bensin seharga Rp 10.875. Atau, 2,41 liter.

Toh, jika diambil rata-rata bensin km/liter, maka setiap liternya mampu menempuh jarak 52,5 km. Wah, angka yang cukup fantastis buat ukuran bebek berkapasitas 125 cc.

Iritnya Supra X 125 Helm In ini, mungkin didukung dari berbagai pengembang part di engine. Ya! Misalnya, dari bagian roller rocker arm yang sudah disempurnakan lewat pemakaian laher bambu di as pelatuk. Sehingga, jadi minim friksi. Lalu, masih ada part lainnya seperti pembenahan jalur oli.

So, dengan kapasitas tangki yang mencapai 5,6 liter, maka sekali perjalanan, sobat bisa tempuh jarak 294 km. Tapi, tentunya angka itu didapat tanpa pembatasan kecepatan alias berkendara normal layaknya sobat berkendara sehari-hari ya. Sip deh!


Jadi jarang mampir SPBU

Buncit Ngangkang

Pemilik tinggi badan 165 cm ke bawah, perlu ekstra hati-hati saat menunggangi Honda New Supra X 125 Helm In, terutama saat motor akan berhenti di pinggir jalan atau di perempatan lampu merah. Pasalnya, telapak kaki bagian depan biasanya agak menjinjit.

Padahal, ketika naik Supra X 125 generasi sebelumnya tidak alami kondisi seperti ini. Cuma begitu motor berhenti dan kaki harus turun, baru deh terasa bedanya.

Dari hasil penelusuran, perbedaan ini dipengaruhi konstruksi rangka dan bodi Honda New Supra X 125 yang bagian tangahnya sedikit membuncit. Dikarenakan PT Astra Honda Motor (AHM) ingin membuat tunggangan ini lebih multifungsi. Dimana helm fullface dapat di tempatkan di dalamnya.

Tapi, ubahan ini tidak mempengaruhi posisi center gravity motor saat dirancang. Sebab motor masih enak untuk dikendarai.Motorplus

Komentar»

1. necel - Oktober 21, 2011

pokoke honda supra x helm in ini paling sesuai dengan motor orang indonesia. irit dan fungsional. jadi turur membantu penghematan bbm bersubsidi
http://necel.wordpress.com/2011/10/19/iphone-4s-review/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: